CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

tata's photos

Jumat, 13 Februari 2009

MaRpHyaMatoNte

tata
Banyak banget yang nanya nama ini sebenernya apa ci artinya??
Banyak juga yang bilang nama ini aneh, masa iya c? Tapi menurutku nama ini bagus, punya sejarah dan tentunya menarik.
Dulu, aku sering protes tiap pulang sekolah kenapa ayah memberi aku nama seperti cowok ANDHIKA OCTA WIJAYANTI untung saja ada nama belakang yang menunjukkan identitas kaum hawa. Namaku sebenarnya artinya bagus, kata ayahku artinya orang yang terhormat yang lahir di bulan oktober dan kedua ortuku berharap aku bisa berjaya atau sukses di masa depan. Tapi aku sering sebel kalo' temen2 atau orang2 yang baru saja tau namaku langsung bilang "kaya cowok ya namanya", pernah juga semasa SMP kelas 2 aku ikut pelatihan pada saat pengumuman tempat tidur dan ruang pembinaan aku masuk di deretan ruang cowok. Huh! Malu! dongkol! Panitia atau aku yang salah keluhku dalam hati, ternyata setelah dicheck ulang di blanko aku menulis namaku tidak lengkap hanya ANDHIKA OCTA W pantas saja aku dimasukkan di ruang cowok.
Semasa SMA, tepatnya kelas I aku sering berlangganan majalah Annida di suatu edisi terdapat sebuah cerpen yang berjudul "MARPHYAMATONTE". Dalam cerpen tersebut kisahnya hampir sama dengan kisahku, yupz.. seorang anak perempuan yang selalu menggerutu tentang namanya, bedanya tokoh yang bernama anisa marphyamatonte ini sudah yatim piatu sehingga ia tidak dapat bertanya kepada ortunya apa arti namanya. Sedangkan aku alhamdulillah masih mempunyai orang tua lengkap yang sangat menyayangiku. Sampai akhirnya si marphyamatonte ini tau dari gurunya bahwa marphyamatonte ini berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya kupu-kupu yang indah. yaa.. kupu-kupu yang indah dipandang dan dilihat orang tapi tidak mudah disentuh.. Dari itulah marphyamatonte begitu dalam membekas di ingatan dan hatiku sampai hari ini dan selamanya.

0 komentar:

followers